Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah salah satu Program Studi yang berada di Jurusan Tarbiyah (sekarang Program Studi Pendidikan Agama Islam), Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang. Keberadaan Prodi PBA di fakultas ini berdiri secara mandiri berdasar pada Surat Keputusan Direktur Pendidikan Islam Nomor 1340 Tahun 2014 tertanggal 07 Maret 2014 tentang Pendirian dan Izin Penyelenggaraan Program Studi.

Prodi PBA didirikan untuk memberikan solusi terhadap berbagai persoalan pengembangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dengan menghasilkan para tenaga pendidik bahasa Arab yang profesional. Prodi PBA berharap mampu mengubah pandangan "pembelajaran bahasa Arab yang sulit, membosankan dan menakutkan" menjadi pembelajaran bahasa Arab yang "efektif, efisien, inovatif dan mengasyikkan."

Selain itu, dibukanya Prodi PBA ini, secara internal kelembagaan fakultas akan semakin memperkokoh visi pengembangan studi Islam, dan secara internal kelembagaan universitas akan semakin memperkokoh visinya sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan ilmu pengetahuan berdasarkan nilai-nilai Islam.

Visi dan Misi

VISI

Menjadi program studi Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dan kompetitif dalam pengembangan teknologi pembelajaran bahasa Arab tahun 2030 di tingkat nasional.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yang berkualitas berbasis teknologi.
  • Mengembangkan teknologi pembelajaran bahasa Arab yang efektif, efisien dan rekreatif.
  • Mempublikasikan karya ilmiah di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • Menjalin kerja sama dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab di tingkat nasional dan internasional.

Informasi secara lebih lengkap mengenai Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, klik Prodi PBA

Shared: