Home

Selamat Datang di Fakultas Agama Islam UMM

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT. Kami sungguh berbahagia dan bergembira menyambut para mahasiswa sekalian yang bergabung dengan keluarga besar Fakultas Agama Islam (FAI) UMM.

Para mahasiswa sekalian adalah para calon pemimpin bangsa yang terbaik dan potensial. Karena itu, melalui FAI UMM, kita semua akan menempa diri menjadi pribadi yang tangguh, hebat, cerdas dan memiliki kepedulian yang besar terhadap pembangunan bangsa dan negara, keadilan dan kemanusiaan, serta misi profetik agama Islam. 

Para mahasiswa sekalian, selama tujuh sampai delapan semester ke depan, kita akan belajar mengenai agama Islam, wawasan kebangsaan dan keindonesiaan, keterampilan akademik, literasi dan berpikir kritis, serta bidang-bidang keahlian khusus yang akan ditekuni di masing-masing program studi yang dipilih (pendidikan, hukum, ekonomi dan bahasa). 

Di FAI UMM, kami memiliki empat program studi unggulan yang sangat dibutuhkan bagi proyek pembangunan negara ke depan, dunia kerja profesional dan tentunya, masyarakat. Empat program studi tersebut, antara lain adalah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Program Studi Ekonomi Syariah dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Program studi yang kami miliki ini, masing-masing sedang mempersiapkan proses akreditasi dan menuju kepada peringkat "Unggul" (Akreditasi 9 Kriteria – BANPT). Sementara itu, proses berikutnya adalah menuju kepada akreditasi internasional. 

Para alumni FAI UMM telah menyebar di berbagai pejuru negeri dalam rangka mengabdi untuk masyarakat, bangsa dan kemanusiaan. Mereka telah mewarnai Indonesia Raya ini dengan spirit Islam Berkemajuan, spirit yang menjadi unggulan di dalam Persyarikatan Muhammadiyah. Kami, bersama-sama dengan seluruh civitas akademika UMM, berupaya memberikan sumbangsih demi terwujudnya masyarakat yang berkemajuan. Dengan demikian, kami berkomitmen dalam visi bersama, "Dari Muhammadiyah untuk Bangsa."

Sekali lagi, selamat datang dan selamat belajar di FAI UMM, semoga Allah memberikan segala kemudahan, berkah dan barakah dalam rangka meraih cita-cita yang mulia. Amin, ya Rabb al-‘Alamin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Prof. Dr. Tobroni, M.Si

Dekan FAI UMM.

Shared: