Prodi Pendidikan Agama Islam

Profil Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) UMM 

 

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu program studi yang berada dilingkungan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (FAI-UMM). Prodi PAI FAI UMM ini merupakan program studi yang tertua dibandingkan prodi-prodi yang lain di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Karenanya, prodi ini senantiasa untuk terus menerus melakukan pembenahan internal untuk mencapai derajat mutu pendidikan yang tinggi. Salah satu parameter derajat mutu pendidikan adalah keselarasan dan kesesuaian output pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder (pengguna), serta laju perkembangan sains dan tehnologi. Tetapi tetap dilandasi dengan nilai-nilai normatif al-Qur’an dan as-Sunnah yang mengkerangkai proses pendidikan dan output yang dihasilkannya. 

Lazim apabila prodi PAI FAI UMM mempunyai acuan aksiologis untuk membentuk insan akademis yang memiliki potensi khalifah dan abdullah. Insan akademis yang khalifah adalah insan yang kreatif, inovatif, dan dedikatif terhadap penciptaan dan pengembangan sains dan teknologi yang terintegrasi-interkoneksi dengan nilai-nilai normatif Islam. Sedangkan insan akademis yang abdullah adalah insan yang mempunyai kemampuan (skill) dan komitmen untuk mengejawantahkan sains dan teknologi sebagai kawah candradimuka mengabdi kepada Allah. Dua konstruksi ideal inilah yang diharapkan terwujud berdasarkan pada acuan-acuan operasional manajerial Prodi PAI FAI UMM.

Memang Prodi PAI FAI UMM mempunyai keunggulan-keuanggulan akademik yang dibentuk untuk kepentingan mahasiswa. Keunggulan tersebut diorientasikan agar bisa mengantarkan para mahasiswa memiliki keahlian dan profesionalitas di bidang Pendidikan Islam. Ada empat lulusan yang dibentuk oleh Prodi PAI FAI UMM, sehingga para mahasiswa dapat berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Empat profil lulusan tersebut, yaitu: Pendidik Pendidikan Agama Islam (Guru PAI); Manajer Lembaga Pendidikan Islam (Pesantren, Madrasah, atau Sekolah Berbasis Islam); Peneliti Pendidikan Islam; dan Dai Korporasi (Rohaniwan Rumah Sakit dan Dai di Perusahan Profit maupun Non Profit).

Berdasarkan orientasi profil lulusan tersebut, maka Prodi PAI FAI UMM memperkuat kompetensi dan keahlian mahasiswa dengan berbagai mata kuliah teoritis dan praktikum yang mutakhir. Sedangkan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan melacak referensi klasik (seperti kitab-kitab klasik), maka pembelajaran Prodi PAI FAI UMM dilengkapi dengan sistem informasi pendidikan dan rekayasa teknologi pembelajaran. Di satu sisi, strategi ini difokuskan agar lulusan Prodi PAI FAI UMM benar-benar menjadi tenaga ahli dan profesional Pendidikan Islam yang mempunyai wawasan keilmuan yang luas, menguasai teknologi informasi, kaya strategi dan bervisi masa depan.

VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam terkemuka dalam pengembangan dan pengamalan ilmu-ilmu keislaman, khususnya bidang pendidikan agama Islam.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu pada jenjang Strata Satu (S-1) dalam bidang pendidikan agama Islam yang berbasis riset.
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang keislaman dan pendidikan agama Islam.
  • Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dan dakwah Islam.

TUJUAN

Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang bertujuan untuk melahirkan Sarjana Strata Satu (S-1) di bidang Agama dan Pendidikan Islam yang:

  • Memiliki integritas moral, keilmuan di bidang keislaman dan pendidikan agama Islam.
  • Memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.
  • Memiliki kemampuan menggerakkan masyarakat di bidang keagamaan.

Informasi lebih lanjut tentang Program Studi PAI UMM, klik PAI

Shared: