Workshop Penyusunan RPS Berbasis OBE, Upaya FAI UMM Upgrade Standar Mutu Pembelajaran

Jum'at, 17 September 2021 22:25 WIB

Rabu, 15 September 2021, FAI UMM menyelenggarakan workshop penyusunan RPS sebagai upaya peningkatan standar mutu pembelajaran dengan tema "Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis OBE-MBKM (Outcome Based Education-Merdeka Belajar Kampus Merdeka)". Workshop ini dilaksanakan dalam rangka penerapan kurikulum berbasis OBE-MBKM yang tepat sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan dalam menghadapi kecepatan pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi. 

Pembukaan workshop dipandu oleh Dina Mardiana sebagai MC yang dibuka dengan sambutan dari Dekan FAI UMM Dr. Tobroni, M.Si. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Agama Islam dari seluruh Program Studi yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Hukum Keluarga Islam, Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Bahasa Arab.

"Pembentukan kurikulum dengan baik dan benar guna mewadahi pendidikan abad 21 serta memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baru, mempersiapkan mereka pada level global dan siap bersaing di dunia kerja," Tutur Dekan FAI UMM. 

Workshop yang berlangsung di GKB 4 Lantai 4 disampaikan oleh pemateri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Syaifuddin, M.M. "Pemerintah telah menerapkan kurikulum berbasis OBE baik bagi PTS maupun PTN dengan maksud menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di Perguruan Tinggi dengan dunia nyata (dunia kerja)," ungkap Syaifudin.

Kebijakan MBKM dilaksanakan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal sehingga memiliki keterampilan non-teknis (soft-skill) maupun teknis (hard-skills) menghadapi dunia kerja sejak awal.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Lailatul Maulidiyah berlangsung dengan lancar sehingga banyak antusiasme dosen yang hadir untuk melayangkan pertanyaan perihal pengembangan kurikulum berbasis OBE serta perkembangan penggalakkan MBKM saat ini. Acara dilanjutkan dengan kegiatan penyusunan RPS Mata Kuliah Fakultas dengan tim dosen yang telah di bagi sesuai mata kuliah yang diampu oleh dosen dari masing-masing Prodi.

Diakhir acara moderator menutup dengan kesimpulan bahwa secara sederhana yaitu pelaksanaan pembelajaran MBKM yang mengacu pada kebutuhan kompetensi di abad 21 memiliki kemampuan adaptif dan kolaboratif (antar prodi / antar PT) dengan mekanisme transaksional / penyesuaian SKS / dikonversikan di mata kuliah. (LA)

Shared: