Horeee. Hasil Raker, HSP akan hadir kembali dengan format yang baru

Sabtu, 26 Maret 2022 03:42 WIB

Sabtu, 26 Maret 2022. UPPS (Unit Pengelola Program Studi) Fakultas Agama Islam Periode 2021-2024 untuk pertama kalinya menyelenggarakan Raker (Rapat Kerja). Raker ini sempat tertunda pelaksanaannya pada bulan Februari, namun karena ada beberapa hal, akhirnya baru terlaksana di bulan Maret.

Raker di tahun pertama ini, bertempat di ruang Micro Teaching Laboratorium Tarbiyah. Dan dihadiri oleh semua dosen FAI yang menjabat secara struktural baik di tingkat UPPS, Prodi, Laboratorium, dan Lembaga Pendukung. Di tingkat UPPS sendiri terdiri dari Dekan, Wakil Dekan I bidang akademik, Wakil Dekan II Bidang Tata Pamong dan SDM, Wakil Dekan III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan.

Sedangkan di tingkat Program Studi dihadiri lengkap oleh empat prodi di lingkungan FAI yaitu Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam, Ekonomi Syariah, dan Pendidikan Bahasa Arab yang secara langsung diikuti oleh Laboratorium di bawahnya. Selain itu, Lembaga pendukung juga turut diundang yaitu Markaz Dakwah, PPBA, SAIS, dan PPUT.

Dari hasil rapat kerja, untuk tahun pertama ini diarahkan untuk pengembangan institusi dengan tetap berpegangan pada visi misi Universitas dan Fakultas. Salah satu contohnya adalah pengembangan CoE (Center of Excelent) baik ditingkat UPPS maupun Prodi untuk mewujudkan UMM Pasti (Pasti Lulus Tepat Waktu, Pasti Bekerja, dan Pasti Mandiri).

Harapannya di tahun pertama ini sudah ada satu CoE. Selain itu penguatan Lembaga melalui pengembangan kerjasama baik ditingkat antar Lembaga Pendidikan dan IDUKA (Industri dan Dunia Kerja). Dan masih banyak terobosan-terobosan baru yang dibahas dan disepakati dalam raker ini.

Selain dari pengembangan hal-hal yang baru, Raker kali ini tetap mempertahankan tradisi akademik yang selama ini sudah berjalan di lingkungan FAI, yakni HSP (Halaqah Sabtu Pagi). HSP merupakan tradisi akademik yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu pagi sebagai forum diseminasi karya akademik dosen.

Namun kedepan, HSP hadir dengan format baru yaitu dilaksanakan satu kali setiap bulan pada minggu ketiga di hari Sabtu. Namun muatan materi yang disampaikan lebih diarahkan peningkatan pemahaman tentang ideologi Muhammadiyah.

Shared: