Tingkatkan Akuntabilitas, Audit Internal Laboratorium FAI-UMM Digelar

Kamis, 01 Agustus 2024 03:09 WIB

 

FAI - UMM News - Badan Pengendalian Internal (BPI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Audit Internal Pelaksanaan Kegiatan Laboratorium di Fakultas Agama Islam (FAI) UMM untuk periode tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 31 Juli 2024, bertempat di Laboratorium Micro Teaching Laboratorium Tarbiyah FAI UMM.

Audit internal ini dihadiri oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Ketua Program Studi, Kepala dan Staf Laboratorium di lingkungan FAI UMM. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FAI, Dr. Saiful Amien,M.Pd.

Dalam pelaksanaannya, BPI UMM menugaskan Firda Ayu Amalia, SE., Ak., M.SA sebagai auditor. Sementara itu, Bagian Keuangan diwakili oleh Deasy Ratna Puri, S.E., Kepala Urusan Anggaran dan Pelaporan pada Bidang II, yang juga bertindak sebagai auditor.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan kegiatan laboratorium serta pertanggungjawaban dana laboratorium selama periode tahun 2023," ujar Firda Ayu Amalia dalam sambutannya.

Selama proses audit, tim auditor memeriksa berbagai dokumen terkait kegiatan dan keuangan laboratorium. Mereka juga melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam.

Dr. Saiful Amien menyambut baik pelaksanaan audit ini. "Kami berharap hasil audit ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja laboratorium kami, serta menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan," tuturnya.

Audit internal ini merupakan bagian dari upaya UMM untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan fasilitas pendidikan, khususnya laboratorium. Hasil audit diharapkan dapat menjadi acuan bagi FAI UMM dalam mengoptimalkan fungsi laboratorium dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa.

Kegiatan audit internal ini rencananya akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai bentuk komitmen UMM dalam menjaga mutu pendidikan dan pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien. (ika)

Shared: