Siapkan Kurikulum Center of Excellent (CoE) "Manajemen Sekolah Islam Unggul", PAI UMM Gandeng Sejumlah Mitra Ternama

Rabu, 28 Februari 2024 12:30 WIB

Rabu, 28 Februari 2024. Sebagaimana peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa berpeluang untuk belajar dan mengambil mata kuliah di program studi kampusnya. atau di program studi lain di luar kampus dengan beragam program pembelajaran, tak terkecuali  dunia usaha dan industri (DUDI). Merespon peluang tersebut, Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMM menggelar workshop kurikulum Center of Excellent "Manajemen Sekolah Islam Unggul".

Berlokasi di Hall Meeting Hotel Kapal UMM, kegiatan lokakarya ini dihadiri oleh pimpinan dekanat, pimpinan prodi, kepala laboratorium prodi, serta mitra DUDI ternama. Diantara mitra CoE tersebut terdapat beberapa nama seperti Muhammad Rajab, M.Pd.I (Chief of Education IIBS Thursina Malang), Rio Purboyo (CEO Innovation Leaders (INALEAD), Pahri, S.Ag., M.M (Direktur PEM Gondanglegi Malang), Isa Iskandar (Dewan Pembina SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik), dan Ulyatun Nikmah, M.Pd (Kepala SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik).

Acara diawali dengan sambutan oleh Wakil Dekan I FAI UMM, Pradana Boy ZTF, PhD. Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas ketercapaian Prodi PAI melahirkan CoE "Manajemen Sekolah Islam Unggul" ini. Berikutnya, dilangsungkan diskusi antara Prodi PAI dan para mitra DUDI. Diskusi berlatar pada beragam unsur. Mulai dari visi misi tujuan program CoE, CPL bahan kajian dan materi pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran dalam struktur kurikulum yang disajikan.

Sebagai penutup, dilaksanakan penandatanganan MoU dan MoA antara Prodi PAI FAI UMM dengan para pihak mitra DUDI. Semoga dengan diselenggarakannya workshop ini, akan menambah semangat optimisme Prodi PAI FAI UMM dalam menatap masa depan pendidikan tinggi pada umumnya, dan kelembagaan prodi PAI FAI UMM khususnya (DM).    

Shared: