Seri Diskusi HSP "Reorientasi Gerakan Islam Revivalistik dalam Konteks Indonesia Pasca Reformasi"

Jum'at, 19 November 2021 20:26 WIB

Sabtu, 20/11/2021. Malang, Seperti biasa di  Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang  terdapat tradisi ilmiah yang bertajuk Halaqah Ilmiah Sabtu Pagi. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap hari Sabtu Pagi dari jam 07.30 s/d 08.30 WIB.

Selama masa pandemi Covid-19 HSP diselenggarakan secara blended Luring dan Daring.  Adapun kegiatan yang luring bertempat di ruang kelas sedangkan yang daring bisa mengikuti melalui Channel Youtube FAI UMM.

Bentuk dari kegiatan HSP ini tidak lain adalah pemaparan hasil penelitian yang dihasilkan oleh Dosen Dosen di lingkungan FAI UMM.

Kali ini tema diskusi yang disajikan mengusung tema  Orientasi Baru Gerakan Islam Revivalistik dalam Konteks Indonesia Pasca Reformasi. Tema tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh bapak Moh. Nurhakim, Ph.D.

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa terjadi pergeseran orientasi gerakan Islam Revivalis khususnya di Indonesia pasca reformasi hingga sekarang.

Beliau menyampaikan terdapat tiga pola perubahan yang dilakukan oleh gerakan Islam revivalis Orientasi baru Gerakan Islam dalam Konteks Indonesia Pasca Reformasi. Pertama, penguatan partisipasi politik dan integrasi nasionalisme. Kedua, tuntutan keadilan sosial dan penguatan ekonomi umat. Adapun yang Ketiga, adalah modifikasi bentuk bentuk radikalisasi.

Sedangkan gerakan revivalis muncul tidak lain terdapat beberapa faktor yang memicu kemunculannya di antaranya, Pertama, kegagalan orde baru/lama. Kedua, semakin jauh kesenjangan sosial. Ketiga, Kondisi Ekonomi dan Pendidikan yg menjadikan umat Islam semakin tertinggal. Dan keempat, Konflik dan peperangan yg tak berkesudahan di negara negara muslim. (Soni)

Shared: