Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UMM Lahirkan Dua Doktor Sekaligus

Kamis, 28 April 2022 09:42 WIB

Di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Program Studi PAI FAI UMM berhasil menelurkan dua doctor sekaligus di bulan yang sama dan bertepatan dengan bulan yang paling mulia ini.

Dua doctor tersebut merupakan dosen dari Prodi Pendidikan Agama Islam yaitu bapak Dr. Saiful Amien, M.Pd. dan Dr. Sunarto, M.Ag. Keduanya sama sama telah lulus dalam pelaksanaan ujian disertasi terbuka di kampus yang berbeda. Ujian digelar secara luring dan dihadiri oleh sebagian dosen undangan dari FAI UMM.

Dr. Saiful Amien, M.Pd. memperoleh gelar Doktor dalam bidang Teknologi Pendidikan dari Universitas Negeri Malang dengan judul disertasi “Pembentukan Karakter Yahanu di Gontor: Studi Fenomenologi”.

Sedangkan Dr. Sunarto, M.Ag memperoleh gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Malang dengan judul disertasi “Maajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Unggul” (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Insan Amanah Malang).

Kelahiran dua doktor sekaligus tersebut menurut Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Bapak M. Kamaluddin, M.Si merupakan kegembiraan tersendiri bagi keluarga FAI UMM kususnya prodi PAI. Karena kehadiran kedua doctor ini turut menambah jumlah doktor yang telah dimiliki oleh prodi. Tercatat doktor yang kita miliki sudah berjumlah 9 doktor dan 3 guru besar. Jumlah tersebut memperkuat status prodi PAI sebagai prodi yang telah memperoleh predikat Unggul dalam akreditasi.

Kedepan harapannya jumlah doktor terus bertambah mengingat hingga saat ini masih ada tiga dosen yang studi lanjut menyelesaiakan program doktor. Selain itu juga berharap jumlah guru besar turut meningkat dan bertambah.

Shared: