Prodi PAI UMM Selenggarakan Klinik Artikel Jurnal Internasional Untuk Tingkatkan Publikasi di Tahun 2022.

Sabtu, 15 Januari 2022 00:09 WIB

 

Sabtu, 15 Januari 2022, Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMM mengawali tahun 2022 dengan menyelenggarakan klinik artikel jurnal Internasional. Kegiatan tersebut dilakukan secara luring di Laboratorium Islamic Studies Fakultas Agama Islam.

Menurut bapak Kamaluddin selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam menyampaikan bahwa acara ini sengaja diselenggarakan awal tahun tidak lain untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal ilmiah dosen-dosen PAI khususnya di tahun 2022. Hal ini merupakan konsekuensi dari penjagaan kualitas Prodi di bidang penelitian karena telah terakreditas Unggul.

Dalam kesempatan berbeda, menurut bapak Zulfikar Yususf selaku seketaris prodi menjelaskan bahwa kegiatan klinik ini merupakan kegiatan yang wajib dihadiri oleh seluruh dosen prodi PAI. Selain untuk membekali dan menguatkan pemahaman dosen-dosen PAI dalam penulisan artikel jurnal internasional yang efektif dan efisien. Klinik ini juga diharapkan untuk menghasilkan artikel ilmiah yang bisa ter-submit dan terpublikasi di jurnal-jurnal internasional bereputasi.

Karena kegiatan ini merupakan workshop dan membutuh waktu yang agak Panjang maka klinik tersebut dibagi ke dalam beberapa pertemuan. Pertemuan pertama mempelajari Mencari dan Menentukan Novelty dalam Penulisan Artikel Jurnal Internasional melalui Vosviewer. Pertemuan kedua membahas dan Menentukan Referensi Artikel Jurnal Internasional melalui Elsevier/Scopus, dan pertemuan terakhir praktik memperbaiki jurnalnya masing-masing.

Semua materi yang diberikan kegiatan klinik artikel ini berkesempatan mengundang pakar di bidang jurnal yang sudah berpengalaman menembus artikel di berbagai jurnal Internasional yaitu Bapak Dr. Salahuddin, M. Si., M.PA.

Shared: