PPUT FAI UMM Selenggarakan Kuliah Tamu dari Universitas Majmaah Riyadh - Saudi Arabia

Selasa, 26 Juli 2022 02:15 WIB

Selasa malam, 26 Juli 2022 PPUT UMM menyelenggarakan kuliah tamu dengan mendatangkan narasumber Dosen dari Fakultas Syariah Universitas Majmaah Riyadh Saudi Arabia.

Kuliah tamu ini dikhususkan untuk memberi bekal pengetahuan kepada para Mahasantri yang mengikuti program Pendidikan ulama’ tarjih FAI UMM, dengan mengangkat tema meningkatkan Peran Pemuda dan Ulama' dalam membangun Masyarakat berkemajuan dengan Syariat Islam.

Menurut Syeh Adil, sapaan akrab pemateri menyampaikan banyak berterima kasih kepada PPUT UMM karena bisa bertemu dengan Mahasantri PPUT UMM dan bahwa Muhamadiyah ini adalah saudara kami. Selain itu beliau juga menyampaikan kepada Mahasantri PPUT jangan takut untuk berbahasa terutama dalam berbahasa Arab, karena jika takut berbahasa Arab maka tidak akan bisa berbahasa Arab dengan baik.

Tak lupa pemateri juga memberikan motivasi kepada Mahasantri PPUT agar senantiasa meningkatkan pengetahuan keilmuan, beliau memberikan sebuah contoh cerita singkat bahwa ada Mahasiswa yang bisa melampaui Dosennya terkait pengetahuannya namun tetap senantiasa menjaga akhlak di antaranya.

Selain itu narasumber juga menyampaikan, bahwa para Mahasantri untuk lebih percaya diri untuk tampil di tengah-tengah masyarakat dalam menyampaikan dakwah Islam. Dan bahwa dunia ini berjalan dengan cepat, dalam artian Mahasantri PPUT jangan merasa gagal, namun harus percaya diri atas kemampuan diri sendiri dan meningkatkan kemampuan itu.

Syek Adil menyampaikan beberapa poin penting :

1. Bahwa Mahasantri PPUT harus berani memotivasi diri dan orang lain.

2. Menghilangkan rasa takut.

3. Berpindah tempat untuk meningkatkan potensi diri.

Selanjutnya Syekh Adil memberikan motivasi kepada Mahasantri PPUT untuk senantiasa Ikhlas dalam mencari ilmu. Karena Allah akan memberikan jalan yang mudah untuk masuk ke dalam surganya bagi mereka yang beriman dan berusaha mencari ilmu dengan keikhlasan.

Beliau juga menyampaikan, bahwa hati ini sering berbolak balik, dalam Hadits "Ada seorang yang paginya dia Muslim dan sorenya dia Kafir", maka dalam beramal kita harus senantiasa berusaha untuk Ikhlas. Serta dalam beramal kita senantiasa mengikuti atau Ittiba kepada Rasulullah Saw. Dan berpegang teguh pada Al-Qur'an dan Sunnah.

Pesan dari Syekh Adil yaitu

1. Kita harus bersama dengan orang yang baik, dalam artian menjaga pergaulan.

2. Jangan sombong dan jangan hasad.

3. Dan semoga kita semua menjadi penerus agama dan bangsa ini, yang selalu bertakwa kepada Allah SWT.

Shared: