Perkuat Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka, Prodi PAI UMM Lakukan FGD dan Penandatanganan MoA dengan Sekolah Mitra

Selasa, 25 Oktober 2022 06:33 WIB

Senin, 24 Oktober 2022. Perhatian PAI FAI UMM terhadap dinamika implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah menengah, patut diacungi jempol. Kamaludin, M.Si dan Zulfikar Yusuf, MPd.I selaku Kaprodi dan Sekprodi PAI FAI UMM menunjukkan kiprahnya dengan menggagas Forum Group Discussion (FGD) dan Penandatanganan MoA bersama para kepala sekolah yang selama ini telah menjadi mitra PAI UMM. Acara ini dihadiri oleh kepala sekolah dan guru dari 16 lembaga mitra dan bertempat di Laboratorium Tarbiyah Prodi PAI FAI UMM.  

Di samping memperkuat "silaturrahmi akademis" dengan stakeholder, FGD kali ini bertujuan untuk melihat sejauh mana implementasi nyata Kurikulum Merdeka di sekolah sejak diluncurkannya awal 2021 lalu. melalui dengar pendapat tersebut, PAI UMM berharap menemukan sinergitas langkah antara Prodi PAI dan satuan pendidikan dalam menyongsong penerapan penuh Kurikulum Merdeka pada 2024 mendatang. 

Dekan FAI UMM, Dr. Khozin, MSi memberikan sambutan pada kegiatan FGD ini. Dosen Pascasarjana UMM tersebut berpesan agar kerjasama yang terjalin antara PAI FAI UMM dengan para lembaga mitra selama ini ditindaklanjuti melalui MoU dan MoA. "Perlu juga dilakukan kerjasama penelitian antara dosen-dosen PAI dengan para Bapak/Ibu guru, supaya ada kolaborasi positif antara akademisi dan praktisi pendidikan", ungkap Khozin.

Antusiasme peserta FGD tampak nyata, terbukti dari beragam informasi, masukan, maupun saran yang dilontarkan dari Bapak/Ibu pendidik. Dr. Khusnul Khotimah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 4 Malang misalnya, menyampaikan informasi penting tentang kurikulum yang selama ini diterapkan di sekolahnya. Penguasaan materi PAI interdisipliner, penguasaan pembelajaran Abad 21, maupun pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) menjadi topik menarik yang dibahas dalam FGD. 

Masukan berikutnya diutarakan oleh Truli Maulida W., MA selaku Kepala Sekolah MTs Muhammadiyah 1 Malang; Halimatus Sa'diyah M.PdI sebagai perwakilan SMKM 2 Malang; Arief Rachman, M.Si selaku Kepala Sekolah MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu, serta Nur Kholisatun, M.PdI dari SMPM 8 Malang. Pada intinya, pimpinan satuan pendidikan tersebut mengapresiasi positif FGD yang diadakan dan berharap agar kolaborasi ini terus dirawat demi kemajuan dunia pendidikan. 

Di akhir acara, dilaksanakan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi PAI FAI UMM dengan 16 sekolah mitra. MoA tersebut turut pula disaksikan dan ditandatangani oleh Pimpinan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. Khozin, M.Si. (DM) 

Shared: