Seri Diskusi HSP: Muhammadiyah sebagai Nilai, Menempatkan Muhammadiyah dalam Kehidupan Sehari-hari

Sabtu, 21 Mei 2022 08:14 WIB

Sabtu, 21 Mei 2022. HSP atau sering disebut (Halaqah Ilmiah Sabtu Pagi) kembali hadir dengan format yang baru. Kegiatan ini merupakan agenda pertama kali digelar dalam kepemimpinan dekan baru periode 2021-2024. Sebelumnya kegiatan ini merupakan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap hari Sabtu pagi, namun dalam periode sekarang hadir sekali dalam sebulan, tepatnya di pekan ketiga.

HSP kali ini mengangkat tema Muhammadiyah sebagai Nilai: Menempatkan Muhammadiyah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pemateri bapak Dr. Khozin, M.Si dan juga bapak Dr. Umiarso, M.Pd.I sebagai moderator. Sedangkan acara berlangsung secara lurig dan dihadiri oleh seluruh Dosen dan Staf di lingkungan Fakultas Agama Islam UMM di aula HSP GKB 2 Lantai 5.

Dalam kesempatan pembicara menyajikan materi bahwa Muhammadiyah itu dibangun di atas cita-cita luhur untuk memajukan masyarakat Islam melalui pemahaman Islam yang mencerahkan dan memajukan. Islam yang dapat menyinari masyarakat dari kegelapan dan kejumudan. Islam yang membawa umat ke arah kehidupan yang lebih maju dan berperadaban.

Namun seiring perjalanan panjang Muhammadiyah yang banyak dihadapkan dengan tatangan-tantang berat dari dalam dan dari luar, tarikan-tarikan ideologi dan beragam kepentingan gerakan ini kemudian memantapkan jati dirinya dengan menyusun dokumen-dokumen pokok organisasi. Muqaddimah AD, MKCH, Matan Kepribadian, PHIM, HPT adalah dokumen-dokumen pokok yang darinya alam pikiran (state of mind) Muhammadiyah mendapatkan rujukannya.

State of mind inilah idealnya menjadi frame of thought sekaligus frame of action orang-orang Muhammadiyah. Apakah nilai-nilai Muhammadiyah yang dimaksud pada judul di atas? Bagaimana proses penghayatan nilai-nilai tersebut hingga menjadi state of mind warga Muhammadiyah?, serta nilai guna apa yang dapat dikontribusikan untuk membangun peradaban umat Manusia?        

Setidaknya menurut pemateri terdapat 6 Nilai-nilai yang kemudian menjadi sikap, pandangan dan tindakan sehari-hari warga Muhammadiyah itu antara lain: Pertama, al-Qur’an dan Sunnah adalah sumber sumber pokok ajaran Islam. Kedua, kemurnian tauhid serta pengamalannya dalam semua aspek kehidupan. Ketiga, kemasyarakatan, persaudaraan, kebersamaan, serta kasih sayang. Keempat, menjunjung tinggi sikap tengahan atau moderat. Kelima, bersikap ilmiah dan menghargai kebenaran ilmu. Keenam, Muhammadiyah sebagai eksemplar Islam sebagai berkemajuan.

Selain nilai-nilai tersebut Tentu masih banyak nilai-nilai utama Muhammadiyah. Yang teridentifikasi di atas hanya sebagian kecil yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.  

Shared: