Dua Mahasiswa FAI UMM Sabet Juara Internasional di Ajang Youth Summit Turki

Senin, 21 Februari 2022 10:34 WIB

Maftuh Ikhsan Nanda Kurniawan dan Al Qadar Zain mahasiswa Fakultas Agama Islam prodi Pendidikan Agama Islam berhasil mengharumkan nama Universitas Muhammadiyah Malang (Malang) setelah meraih penghargaan The best project Grup Project memperbaiki Pendidikan Indonesia dalam perlombaan Istanbul Youth summit pada Senin-Kamis (14-17/2/2022).


Maftuh Ikhsan Nanda Kurniawan meraih penghargaan The best project Grup Project memperbaiki Pendidikan Indonesia (juara tiga), dan Al qadar Zain yang bergerak bidang public Policy (kebijakan publik) berhasil meraih juara satu.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh YBB (Youth Break Boundaries) di Üsküdar, Istanbul City Turkey.

Al qadar Zain mengatakan “Saya tidak menyangka dan sangat bersyukur kepada Allah, karena masih diberi penghargaan Internaisional di Turki. Saya akan Terus berkembang dan bergerak memperbaiki kebijakan publik untuk tanah air tercinta”pungkasnya.

Sedangkan Maftuh Ikhsan Nanda Kurniawan, pria yang biasa aktif di Tapak Suci Putera Muhammadiyah ini memenangkan perlombaan tersebut dengan mengusung isu Pendidikan di Indonesia. Dengan projek pendidikan yang mereka garap di Eduteers.id menurutnya hal tersebut tidak lain demi terbentuknya pendidikan yang seimbang dan manu di Indonesia”


Tentunya dengan mendapat predikat projek grup terbaik, kata nanda “saya bersama tim akan terus mengembangkan platform kami yaitu Editeers.id yang bergerak di bidang pendidikan berfokus di daerah 3T (Terbelakang, Tertinggal, Terpencil) demi kemajuan Pendidikan Indonesia. Dan kami memiliki motto “WeConnectTheGap”.

“Alhamdulillah rasanya sangat bahagia tak terhingga impian yang telah lama dikejar ingin jalan-jalan di Turki namun Allah memberikan lebih”ungkapnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, menurut Imamul Hakim selaku Wakil Dekan III FAI Bidang kemahasiswaan, menyampaikan bahwa prestasi tersebut merupakan kali kedua yang diraih oleh mahasiswa FAI UMM.


Tahun sebelumnya di event yang sama, mahasiswa kita juga berhasil meraih juara yang sabet oleh saudara Fadhilah ahmad Nur di Turki. Dan saya bersyukur prestasi tersebut dapat diteruskan oleh adik adik tingkatnya di Fakultas.

Secara terpisah, Bapak Kamaluddin selaku ketua program studi Pendidikan Agama Islam FAI UMM juga mengapresiasi atas keberhasilan mahasiswanya. Hal tersebut selaras dengan visi misi prodi yang ingin mengembangkan potensi akademik maupun non akademik di tingkat Internasional.

Selain itu, Ia juga berharap prestasi tersebut diusahakan menjadi tradisi tahunan sehingga mahasiswa-mahasiswa PAI kedepan dapat melanjutkan prestasi di tingkat Internasional. (soni)

Shared: