Latihan 2 Hari, Tim Debat Prodi HKI UMM Juara Satu Lomba Debat Hukum Jawa Timur

Rabu, 12 Juni 2024 21:42 WIB

Prestasi Kembali diukir oleh mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Agama Islam UMM. kali ini Tim Debat Prodi HKI-UMM berhasil menyabet juara 1 lomba debat pada gelaran LOMBA FESTIVAL SYARI’AH BERSYIAR 5TH TAHUN 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

Tim debat yang Bernama Islamic Law Debate Communtiy (ILDC) Prodi HKI mengirimkan tiga mahasiswa yaitu M.Amru Fillah, Galang Tito Pamungkas dan Shofwatun Nida’. Ketiganya merupakan mahasiswa semester IV yang berhasil mengalahkan peserta dari Universitas lain melewati babak penyisihan dan menasbihkan diri menjadi pemenang serta membawa pulang Piala DPW APSI Jawa Timur.

Ketiganya mengaku sangat senang dan bangga dapat mempersembahkan prestasi tersebut kepada prodi HKI. “karena pengumuman lolos hanya 2 hari sebelum hari H perlombaan, maka kami persiapkan argumen  pro dan kontra dari setiap mosi yang sudah diberikan panitia” ungkap Galang. Dalam 2 hari Latihan tersebut, ketiga mahasiswa tersebut membagi peran untuk menyiapkan argument di aspek filosofis, sosiologis dan yuridis.

Dalam menyiapkan argument yuridis, Amru Fillah fokus pada  startegi melemahkan argumentasi speaker 1 dan/atau speaker 2 lawan sembari menguatkan argumentasi speaker 1 tim ILDC. “Apabila argumentasi lawan lemah atau terdapat kesalahan dalam aspek yuridis, maka hal itu akan kami kritisi pada speaker kami selanjutnya” jelas Amru.

Selain itu, tantangan dalam mengikuti lomba debat ini juga berasal dari tantagan non teknis seperti pertanyaan dari juri yang diluar prediksi. “ketidakjelasan regulasi lomba debat juga tantangan tersendiri karena kami harus mengatur ulang strategi untuk memenangkan debat” jelas Shofwatun Nida’.

ILDC diprakarsai oleh R.Tanzil Fawaiq Sayyaf, S.Sy.,M.H, kepala Laboratorium Syariah HKI sejak tahun 2018 dan telah menghasilkan beberapa kandidat potensial. Dengan menggandeng Himpunan Mahasiswa Prodi HKI, ILDC fokus pada pembentukan dan regenerasi kandidat debaters (ahli debat) sehingga debaters terus meregenerasi dan tidak hilang meski banyak anggotanya telah lulus.

Pada masa awal pembentukannya, ILDC Prodi HKI berhasil menyabet juara 2  (runner up) debat hukum di IAI Tribakti yang saat ini menjadi UI Tribakti dan dan Runner Up di UIN Tulung Agung. Perolehan prestasi sempat terhenti karena covid yang menyebabkan tidak banyak terselenggara lomba debat.

 “ILDC digagas sebagai sarana menjembatani mahasiswa Prodi HKI yang memiliki passion debat sehingga bisa mengirim utusan untuk mengikuti lomba-lomba berikutnya. Semoga dengan kemenangan ini semakin menambah minat mahasiswa HKI untuk bergabung di ILDC” tutup Dosen HKI ini. (Ika)

Shared: