Kuliah Pakar Bidang Penerjemahan dan Launching Web Edutainment; PBA UMM Wujudkan Visi Program Studi Unggul Bidang Pengembangan Teknologi Pendidikan Nasional

Rabu, 20 Juli 2022 09:11 WIB

 

Malang, 21 Juli 2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang baru saja sukses menyelenggarakan Kuliah Pakar Penerjemahan disertai perilisan Website Edutainment, arabeelearn.com pada Kamis (21/07/2022). Acara ini diadakan di gedung basement Dome milik UMM.

Kegiatan ini diisi dengan sambutan dari Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UMM, bapak Moh. Firdaus, M.Ed., sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, bapak Pradana Boy ZTF, Ph.D., dan acara inti yaitu Kuliah Pakar dan perilisan website.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah mengedukasi mahasiswa FAI UMM terkhususnya mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Arab mengenai peluang menjadi penerjemah bahasa Arab pasca lulus kuliah. Senada dengan Kaprodi PBA UMM, dalam sambutannya, Pak Firdaus mengungkapkan bahwa prodi PBA UMM tidak hanya menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi pengajar atau pendidik, tetapi juga memiliki peluang untuk menjadi penerjemah atau interpreter. Harapannya, dengan pengoptimalan mata kuliah penerjemah, mahasiswa PBA UMM dapat dibekali skill dan rasa percaya diri untuk mengeksplorasi profesi penerjemah di lembaga-lembaga kebahasaan.

Kuliah pakar ini diisi oleh narasumber dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. M. Faisol Fatawi, M.Ag. dan dimoderatori langsung oleh bapak Dr. Achmad Tito Rusady, M.Pd.. Pria yang kerap disapa ustadz Faisol ini merupakan dosen Fakultas Humaniora di kampus hijau tersebut. Beliau menyampaikan banyak hal mengenai dunia penerjemahan, dari pengalaman beliau semasa kuliah hingga akhirnya memotivasi mahasiswanya untuk menulis sebuah karya.

Dosen yang aktif dalam menulis karya dan penerjemahan ini mengungkapkan bahwa beliau lebih suka praktik daripada sekadar teori. Maka ketika beliau terjun ke dalam dunia akademik, beliau berusaha untuk menyalakan gelora semangat mahasiswa untuk menjadi penerjemah dengan menulis karya.

Beliau menuturkan prinsip yang dipakai beliau yakni “Siapa yang menguasai bahasa kaum tertentu, maka dia minimal akan selamat dari tipu daya mereka,” ujarnya kemarin. Beliau menambahkan, “Dengan memiliki karya terjemahan atau karya tulis, seseorang akan dikenal sekaligus menjadi seorang yang intelektual, sebab dalam menerjemahkan butuh banyak-banyak membaca buku.”

Setelah sesi tanya jawab, acara kuliah pakar dilanjutkan dengan perilisan website edutainment yang merupakan produk pengembangan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020. Mahasiswa ini menamakan web tersebut dengan arabeelearn.com dengan menggabungkan bahasa Arab “Arab” dan bahasa Inggris “learn”. Perilisan itu diresmikan oleh Dekan Fakultas Agama Islam, bapak Dr. Khozin, M.Si..

Acara inti kemudian ditutup dengan pembacaan doa oleh bapak Ahmad Fathoni, Lc., M.Ag. dan foto bersama dosen-dosen dengan narasumber. Semoga kegiatan ini dapat menjadi satu langkah yang menjadikan PBA UMM prodi. (Tim PBA)

Shared: