Kolokium Doktor FAI UMM Hadirkan Tiga Ahli Bidang Ilmu

Kamis, 16 Juni 2022 09:00 WIB

Kamis, 16 Juni 2022. Fakultas Agama Islam menggelar kolokium doktor yang bertempatkan di Aula FAI Gedung Kuliah Bersama III Lantai VI UMM. Kolokium doktor sendiri merupakan tradisi akademik yang sudah berlangsung lama terutama di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang.

Dengan lahirnya banyak doktor baru di Fakultas Agama Islam, tentu ini menjadi kegembiraan tersendiri, karena dengan bertambahnya doktor baru secara tidak langsung memperkuat kualitas akademik di FAI UMM. Selain itu peningkatan kualitas akademik di bidang sumber daya pengajar juga berdampak pada peningkatan akreditasi unggul di Universitas Muhammadiyah Malang. Oleh karena itu, dengan hadirnya doktor-doktor baru kolokium doktor ini digelar sebagai bentuk syiar akademik Fakutas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang.

Kolokium doktor FAI UMM tahun 2022 ini Insya Allah diselenggarakan dengan dua gelombang. Gelombang pertama dengan menghadirkan tiga ahli bidang ilmu. Pertama bidang ilmu tafsir hukum yaitu bapak Dr. Syamsurizal Yazid, M.A. dosen prodi Hukum Keluarga Islam. Kedua, bidang ilmu Ekonomi Syariah yaitu bapak Dr. Rahmad Hakim, M.MA. Dosen prodi Ekonomi Syariah. Dan Ketiga, bidang ilmu Bahasa Arab yaitu Bapak Dr. Achmad Tito Rusady, S.S., M.Pd. Dosen prodi Pendidikan Bahasa Arab. Adapun gelaran kolokium doktor gelombang dua akan menghadirkan doktor bidang ilmu Pendidikan Agama Islam.

Pada gelaran kolokium doktor gelombang pertama ini, masing-masing pemateri memberikan materi sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya. Di antaranya adalah pertama bapak Dr. Syamsurizal Yazid, M.A. Beliau memaparkan materi dengan tema manajemen konflik suami-istri menurut al-Qur’an. Sedangkan pemateri kedua, yaitu Bapak Dr. Rahmad Hakim, M.MA menyampaikan materi dengan tema menyingkap tabir makna amanah dalam pengelolaan zakat menurut amil zakat.

Sedangkan pemateri ketiga adalah Bapak Dr. Achmad Tito Rusady, M.Pd. Beliau menyajikan materi yang bertemakan pengembangan bahan ajar keterampilan menulis Bahasa arab berbasis kolokasi. Adapun sebagai pembanding dalam kolokium tersebut adalah Bapak Prof. Dr. Uril Bahruddin, M.A yang merupakan Guru Besar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tak lupa kegiatan ini dipandu oleh Bapak M. Arif Zuhri, Lc., M.HI sebagai moderator.

Acara yang berlangsung meriah ini, kurang lebih dihadiri oleh 500 peserta yang terdiri dari seluruh jajaran Dosen Fakultas Agama Islam dan juga seluruh mahasiswa FAI UMM. Selain itu turut juga mengundang peserta dari luar yaitu bapak/ibu guru Sekolah Muhammadiyah se-Malang Raya dari  tingkat SD hingga SMA. (sz).

Shared: