Jemput Bola Peluang Kerja, Lab Syariah HKI Selenggarakan Pembekalan Magang Profesional

Kamis, 20 Juni 2024 00:35 WIB

Laboratorium Syariah Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Agama Islam mengadakan pembekalan Praktik Kerja Profesional atau Magang untuk Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024-2025. Acara yang berlangsung pada 20/6 ini dihadiri oleh Wakil Dekan II FAI-UMM, Dr. Saiful Amien, M.Pd. dan Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam, Muhammad Arif Zuhri, Lc.,M.H.I serta dihadiri oleh 35 mahasiswa peserta Magang Reguler.

Dalam sambutannya, Kaprodi meminta peserta memperhatikan attitude dan menjaga nama baik kampus UMM. Selain itu, dalam pelaksanaan magang, Pak Arif, begitu ia disapa, menekankan bahwa Praktik Kerja Profesional menuntut mahasiswa untuk bersikap professional dalam dunia kerja.

Wakil Dekan II FAI dalam sambutannya menekankan mahasiswa untuk senantiasa disiplin, sabar dan bekerja dengan penuh kerja keras. “Dunia kerja berbeda kondisi dan tantangannya dengan di kampus. Sekali melalukan kesalahan di mayarakat, dalam konteks ini di tempat magang akan diingat selamanya.  Oleh karena itu, mohon Jaga etika dan akhlak” Pesan Dr. Amien.

Dr. Amien menekankan agar mahasiswa memupuk Karakter Moral dan Karakter Perfo rma/kinerja. Karakter moral terkait dengan hubungan dengan orang lain, melalui etika, nilai baik dan buruk. Sedangkan Karakter performa/kinerja, berkaitan dengan aspek intelektualitas pintar cerdas, keuletan, kesabaran, keteguhan. “Magang menjadi satu  procces of learning menjadi lebih baik. Karakter positif menarik takdir yang positif. Dunia kerja menginginkan keduanya yaitu aspek karakter moral dan karakter Performa” jelas Doktor bidang Psikologi Karakter Pembelajaran ini.

Dalam memberi contoh, Dr. Amien menyebut Rudi Hartono, legenda atlit bulutangkis Indonesia sebagai contoh kegigihan, kesabaran, dalam menggapai kesuksesan. “ Rudi Hartono diingat sepanjang masa karena yang membuat dia menang bukan skill semata, tetapi karakter pantang menyerah. Ini selaras dengan teori psikologi yaitu grit, yang merupakan gabungan unsur kerja keras, kesungguhan , pantang menyerah dan kegigihan” tutup dosen PAI ini.

Pada Sesi berikutnya, Kepala Laboratorium Syariah, Tanzil Fawaiq Sayyaf, M.H. memberikan materi teknis Praktik Kerja Profesional dan pelaporan Magang. “semua pelaporan Praktik Kerja Profesional, baik logbook harian maupun laporan naratif dan kegiatan melalui sistem simlabsya. Mahasiswa tinggal klik, ketik dan upload laporan. Sistem ini sudah terintegrasi dengan Dosen Pembimbing Lapang dan Staf Laboratorium Syariah” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dari mahasiswa dan penjelasan teknis prosedur Praktik Kerja Profesional. Pada Praktik Kerja Profesional periode ini, mahasiswa tersebar di Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kantor/Lembaga Hukum, dll di seluruh Indonesia. (ika)

Shared: