Halaqah Ilmiah Sabtu Pagi (HISP) FAI UMM: Sekilas Tentang Risalah Islam Berkemajuan

Sabtu, 06 Januari 2024 08:35 WIB

SABTU, 6 Januari 2024. Gelaran Halaqah Ilmiah Sabtu Pagi (HISP) FAI-UMM kali ini mengambil tema “Sekilas Tentang Risalah Islam Berkemajuan”. Bertindak sebagai pemateri Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si dan  didampingi oleh Murdiono, M.Pd.I sebagai moderator.

Bertempat di GKB III Lt. 5 Ruang Laboratorium Tarbiyah UMM, Prof. Syamsul selaku pemateri mengawali paparan dengan mengulas latar belakang lahirnya Risalah Islam Berkemajuan (RIB) dalam panggung dakwah Muhammadiyah sebagai keputusan Muktamar Muhammadiyah pada 2022 lalu.

Dalam pandangan pemateri, terdapat spirit internasionalisasi di tubuh Muhammadiyah. Hal ini nampak dari menggeliatnya beberapa amal usaha Muhammadiyah dengan resonansinya di level internasional, misalnya beridirinya Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) di negeri Jiran tersebut.  

Pemateri yang sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut melanjutkan paparannya tentang linimasa "The Idea of Progress Muhammadiyah". Konsep tersebut -lanjutnya- merupakan representasi RIB khususnya untuk menunjukkan state of mind warga Muhammadiyah melalui tokoh-tokohnya.

Berikutnya, dosen senior Prodi PAI FAI UMM tersebut mengungkap urgensi RIB, paling tidak dalam konteks pengejawantahannya dalam lingkup kelembagaan UMM. Dalam kapasitasnya sebagai state of mind Muhammadiyah, RIB berperan penting dalam merespon dan mengadaptasi masivitas lembaga perguruan tinggi keislaman negeri, perguruan tinggi berbasis korporasi, serta perguruan tinggi negeri ber-PTN BH yang menjamur di sekitar perguruan tinggi Muhammadiyah.

Sebagai penutup, Prof. Syamsul menekankan pentingnya pelayanan yang baik kepada orang lain, siapapun itu. Tak lupa, beliau berpesan untuk senantiasa menjaga situasi kondusif masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang.(DM)

Shared: