Halaqah Ilmiah Pagi FAI UMM: Muhammadiyah yang Saya Kenal (session 3)

Rabu, 07 Februari 2024 10:12 WIB

RABU, 7 Februari 2024. Gelaran Halaqah Ilmiah Pagi FAI-UMM kali ini mengambil tema “Muhammadiyah yang Saya Kenal”. Bertindak sebagai pemateri Afifah Nur Millatina, S.E., M.SEI dan Zulfikar Yusuf, M.Pd.I didampingi oleh Muhammad Ainur Roziqi, M.Pd.I sebagai moderator.

Bertempat di GKB III Lt. 6 UMM, Afifah Millatina selaku pemateri pertama mengawali paparan dengan mengulas latar belakang keluarganya yang memiliki background Muhammadiyah. Berangkat dari latar tersebut, Bu Milla -sapaan akrab beliau- melanjutkan pengalamannya berkenalan dan bersinggungan dengan Muhammadiyah.

Dosen Prodi Ekonomi Syariah FAI UMM tersebut secara gamblang menceritakan bagaimana ia berproses menemukan Universitas Muhammadiyah Malang sebagai tempatnya mengabdi. Pada akhir pemaparannya, beliau berkomitmen untuk senantiasa belajar ber-Muhammadiyah dengan baik, salah satunya dengan keterlibatan aktifnya di PDM Kabupaten Malang.

Pemateri kedua, Zulfikar Yusuf, pun melatari narasi perjumpaannya dengan Muhammadiyah melalui cerita kehidupannya di masa kecil hingga perguruan tinggi. Pria kelahiran Ternate tersebut menceritakan bagaimana pengalaman keagamaan dan kepribadian di keluarga dan masyarakat Ternate.

Pengalaman tersebut berlanjut saat Pak Zul memasuki masa pendidikan di pesantren. Di sanalah objek penempaan dirinya di bidang keagamaan dan pengalaman sosial masyarakat. Di akhir ceritanya, Sekretaris Prodi PAI tersebut menyampaikan proses pencarian jati diri dan pilihan hidupnya melalui pengabdian di Universitas Muhammadiyah Malang. (DM)

Shared: