Gelar Pesmaba FAI UMM, Dekan FAI Ungkap Fakultas Agama Islam Pioner Kampus Islam Terbaik Versi Unirank

Kamis, 23 September 2021 22:31 WIB

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Tobroni secara resmi membuka Pengenalan Mahasiswa Baru (Pesmaba) yang dilaksanakan pada kamis, 23 September 2021. Pesmaba kali ini bertajuk "Gelorakan Spirit Religiusitas dan Intelektualitas Guna Membangun Mahasiswa Unggul".

Dalam sambutannya, Tobroni mengungkap bahwa FAI merupakan fakultas cikal bakal berdirinya UMM sebagai salah satu kampus Islam berkemajuan, FAI mempunyai andil dalam sejarah kemajuan UMM sampai meraih predikat sebagai kampus Islam terbaik nomor 1 dunia versi UniRank.

"FAI merupakan sang Pelopor yang mencerminkan UMM sebagai kampus Islam berkemajuan, dengan berbagai capaian di lingkup kampus, regional, nasional maupun internasional," tutur Tobroni dalam sambutannya. 

Pesmaba tahun ini merupakan kedua kalinya UMM menerapkan metode Blended, secara luring dan daring. Mahasiswa baru FAI tahun ini berjumlah 250 mahasiswa, 225 mahasiswa mengikuti pesmaba secara daring, sedangkan 25 mahasiswa lainnya hadir secara luring di rusunawa 1 UMM.

Tobroni juga menjelaskan bahwa Fakultas Agama Islam merupakan pionner berdirinya fakultas-fakultas yang ada di UMM."Fakultas Agama Islam merupakan yang pertama kali berdiri, kemudian terus berkembang hingga akhirnya kini UMM memiliki 10 Fakultas," ungkap Dekan FAI.

Sebelum menutup acara pembukaan Pesmaba Tahun 2021, Tobroni berpesan empat hal utama kepada mahasiswa baru FAI UMM. Pertama, mahasiswa harus dekat dengan Al-Qur’an. Kedua, mahasiswa harus dekat dengan masjid atau mushala. Ketiga, mahasiswa harus dekat dengan umat atau saling menolong antar sesama. Sementara keempat, mahasiswa harus dekat dengan profesi sesuai dengan jurusan yang diambil di Fakultas Agama Islam.

"Fakultas Agama Islam merupakan pilihan yang sangat tepat, dengan pengajaran dan pengalaman pendidikan yang Insya Allah akan mengantarkan mahasiswa  sukses di dunia dan akhirat, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu agama, karena ilmu agama meliputi keilmuan yang sangat kompleks dalam segala lini kehidupan,” ujarnya. (luc)

Shared: