Dosen FAI UMM Kembangkan Desa Wisata “Taman Banjar Sekar” di Kampung Halaman.

Jum'at, 18 Februari 2022 08:25 WIB

Pradana Boy Salah satu dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang ini mengembangkan desa wisata di kampung halaman. Tepatnya di Dusun Mencorek, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pria yang yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I FAI UMM ini merintis Desa Wisata dengan mencoba menanam bunga Matahari dengan nama Taman Banjar Sekar. Awalnya sempat diremehkan sebagian orang, karena petani di sana terbiasa dengan menanam lahanya untuk tanaman Padi, Kacang, Cabe atau Jagung.

Namun secara perlahan tanaman bunga Matahari disambut baik oleh kaum muda Milenial, yang lagi menggandrungi spot foto yang Instgramable. Tidak sedikit yang berkunjung kesana untuk berswafoto sehingga sempat viral di berbagai media social.

Menurut bapak yang asli Dusun Mencorek itu menuturkan, dalam merintis TBS ini, dia berharap ke depan bisa untuk pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Harapannya bisa turut memberdayakan masyarakat, serta menjadi pilihan alternatif warga Mencorek yang selama ini menjadi petani konvensional,” kata Pradana Boy yang juga pernah menjadi asisten staf khusus presiden Joko Widodo ini. “Siapa tahu ke depan bisa untuk pemberdayaan masyarakat sekitar dan menjadi income center warga. Mengingat ada banyak manfaat dari tanaman bunga matahari,” katanya.

Selain itu beliau yang juga sebagai Ketua Bait al-Hikmah Foundation Malang menuturkan, dengan dirintisnya TBS ini, Pradana Boy juga berharap, sepanjang jalan Embong Sepur nantinya dapat disulap menjadi kawasan wisata alam yang cukup menarik meliputi wahana air dan wisata bunga.

“Mulai dari Kali Kethek paling utara (Sedayulawas sampai Dusun Benges) harapannya bisa menjadi kawasan wisata alam yang cukup menarik, meliputi wisata air dan wisata bunga. Kemudian di sekitar areal tambak direvitalisasi sebagai hutan bakau, komplit sebagai satu kesatuan wisata alam,” ungkapnya. (soni)

Shared: