Direktur Pusat Studi Islam dan Filsafat (PSIF) Bedah Pendidikan Karakter B Religi

Jum'at, 17 September 2021 21:44 WIB

 
Dr. Achmad Faridi, Direktur Pusat Studi Islam dan Filsafat (PSIF) mempresentasikan naskah akademiknya pada Sabtu, 18/9/2021. Naskah ini dirayakan di mimbar "Halaqah Sabtu Pagi" Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Berdasarkan naskah yang bertajuk "Pendidikan Karakter B Religi" ini, Dr Faridi mengajukan argumentasi pokok bahwa "Ajaran agama Islam yang luhur, yang kaya akan nilai-nilai akhlak dan spiritualisme, menjadi bagian dari kehidupan keseharian di sekolah. Nilai-nilai luhur tersebut, menjadi nilai hidup yang berpaut erat (akulturasi) dengan kearifan masyarakat setempat (Jawa) dan kemudian mengalami proses obyektifikasi, sehingga lebih mudah diterima masyarakat."
 
Secara substantif, pendidikan karakter B Religi ini bisa menjauhkan para siswa dan guru dari cara berpikir yang ekstrem, radikalisme dan bahkan terorisme. Oleh karena itu, hal ini selaras dengan kepentingan memperkuat integrasi bangsa. Naskah yang dikembangkan dari disertasi doktoral ini, sebenarnya merupakan bagian penting dari riset empiris yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) 3 Malang. Tentu secara antropologis, hal ini dianggap merepresentasikan berbagai praktik dan penghayatan akan nilai yang unik, menarik dan vernakularitas yang khusus. 
 
Secara konseptual, temuan ini berpotensi besar memberikan sumbangsih pada konsep pendidikan karakter di tanah air. Melalui obyektifikasi (membuatnya bersifat obyektif, meminjam gagasan Kuntowijoyo), formulasi ilmiah mengenai pendidikan karakter B Religi ini, bisa dielaborasi oleh berbagai lembaga pendidikan secara umum, tanpa memandang latar belakang suku, agama, ras, adat-istiadat, bahasa, warna kulit dan keberbedaan lainnya. 
 
Secara lebih jauh, Dr Faridi sedang mempersiapkan naskah tersebut untuk publikasi di jurnal internasional. Dengan begitu, naskah ini akan bermanfaat lebih signifikan di dunia global. [hb]

Shared: