Bekali Mahasiswa Baru Dengan Pelatihan Academic Skills Sebelum Perkuliahan

Kamis, 22 September 2022 08:39 WIB

Sejak Selasa kemarin, 20 September 2022. UPPS FAI UMM melalui Wakil Dekan I Bidang Akademik memberikan pelatihan academic skills bagi mahasiswa baru angkatan 2022.  Program ini bertujuan untuk memberikan bekal skill akademik bagi mahasiswa baru sebelum mereka melaksanakan perkuliahan.

Menurut bapak Khozin selaku Dekan Fakultas Agama Islam dalam berbagai kesempatan beliau menyampaikan bahwa tujuan dari program ini tidak lain memperkenalkan dunia akademik kepada mahasiswa baru. Dilaksanakan di pekan pertama saat perkuliahan karena ini bekal awal sebelum mereka mendapatkan tugas akademik dari masing-masing dosen.

Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan academic skills ini mahasiswa dapat mengerjakan tugas dan memahami bentuk-bentuk tugas yang harus diselesaikan. Setidaknya mahasiswa dapat membuat makalah paper yang benar, dapat membedakan tugas review, resensi, maupun resume. Menulis artikel dengan logika riset yang benar, menghindari kebiasaan plagiarisme, dengan begitu integritas akademik dapat terjaga, selain itu kebiasaan buruk copy paste dalam mengerjakan tugas dapat dihindarkan.

Pelatihan Academic Skills ini dilaksanakan selama kurang lebih empat hari secara bersamaan seluruh prodi di lingkungan FAI. Bertempat di Aula GKB III Kampus 3 UMM dengan tema materi berbagai keterampilan akademik. Di hari pertama mahasiswa diberikan materi keterampilan membaca yang disampaikan oleh Ibu Umi Salamah, dengan capaian pembelajaran mahasiswa dapat mengenal dan memilih ragam karya akdemik, baik itu monograf, book chapter, buku ajar, buku refrensi, artikel ilmiah maupun jurnal. Selain itu dapat mengenali struktur bacaan serta dapat membaca dengan strategis.

Di hari kedua, peserta dibekali materi keterampilan mencari dan memenej sumber bacaan dan menyusun kalimat yang efektif dan dapat mengembangkan paragraph serta membuat kutipan secara langsung maupun tidak langsung. Harapannya mahasiswa dapat mengenal situs penyedia bacaan (artikel, ebook, ejurnal), Teknik mengakses dan mendownload bacaan serta dapat menulis kalimat efektif dan mengembangkan paragraph dengan baik dan benar. Materi ini dipandu oleh Ibu Tia Puspita

Sedangkan di hari ketiga dengan materi keterampilan menulis akademik yang dimentori langsung oleh bapak Hasnan Bachtiar. Tujuan dari keterampilan menulis akademik ini peserta dapat menulis esai, menulis artikel, makalah konseptual maupun makalah dari hasil penelitian.

Di hari terakhir adalah materi keterampilan review yang dibawakan oleh Bapak Nafik Muthohirin dengan berbagaia keterampilan yaitu menulis review artikel/buku, menulis resume artikel/buku, dan menulis resensi artikel/buku. Terakhir tak lupa peserta juga dibekali dan mengenal refrence manager baik melalui Mendeley maupun end note. (soni)

Shared: