Perjalanan Becoming Muhammadiyah : Dari Keluarga Pendiri Majelis Riyadul Jannah hingga Pemrakarsa Pesantren Mahasiswa Muhammadiyah.

Jum'at, 23 Agustus 2024 21:20 WIB

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Halaqah Ilmiah Sabtu Pagi (HISP) Batch 5 dengan tema "Becoming Muhammadiyah," yang bertempat di Ruang 502-504 Gedung Kuliah Bersama (GKB) II, Lantai 5. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu dan dihadiri oleh seluruh dosen, tenaga kependidikan, serta part timer di Lingkungan FAI-UMM.

Pembicara utama dalam Halaqah Ilmiah ini adalah R. Tanzil Fawaiq Sayyaf, S.Sy., M.H., dosen Program Studi Hukum Keluarga Islam di FAI-UMM. Dalam kesempatan tersebut, R. Tanzil membagikan kisah perjalanannya menjadi bagian dari Muhammadiyah, sebuah perjalanan yang penuh refleksi dan transformasi. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil, dirinya tidak pernah bersinggungan dengan organisasi Muhammadiyah. Proses menjadi Muhammadiyah baru dimulai ketika ia menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Meskipun secara organisasi belum menjadi Muhammadiyah, namun secara ubudiyah, ia sudah mempraktikkan ibadah ala Muhammadiyah.

Proses menjadi bagian dari Muhammadiyah kian terwujud saat R. Tanzil bergabung dengan UMM dan bertemu dengan Mata Kuliah Kemuhammadiyahan yang diajarkan oleh Dr. Faridi, M.Si. Salah satu mata kuliah yang membekas baginya adalah "Muhammadiyah dan Pluralisme". Sejak bergabung di UMM pada tahun 2018, ia semakin aktif dalam kegiatan Muhammadiyah, termasuk berperan sebagai pengurus di Ranting Tegalgondo IKIP, LP3H PDM Malang, dosen AIK UMM, serta pengabdian di Masjid dan Mushola Muhammadiyah.

Halaqah Ilmiah ini merupakan bagian dari upaya dakwah Islam melalui Muhammadiyah yang telah rutin dilakukan sejak periode dekanat sebelumnya dan kini telah memasuki batch ke-5. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan I FAI-UMM, Dr. Saiful Amien, M.Pd., yang menekankan pentingnya memahami dan memaknai proses bermuhammadiyah dalam setiap aspek kehidupan. Halaqah ini juga menjadi wadah bagi para dosen untuk berbagi pengalaman dalam proses Becoming Muhammadiyah, Being Muhammadiyah, dan Beyond Muhammadiyah.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendakwahkan Islam melalui Muhammadiyah dan memperkuat ideologi Muhammadiyah di kalangan dosen serta tenaga kependidikan FAI-UMM. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menginspirasi para peserta dalam proses bermuhammadiyah dan menguatkan komitmen mereka terhadap persyarikatan. Hasil dari kegiatan ini nantinya akan dibukukan dalam bentuk buku rampai yang berisi kumpulan pengalaman para dosen FAI-UMM dalam proses Becoming Muhammadiyah. (ika)

Shared: