Optimalkan Personal Branding, Prodi Pendidikan Bahasa Arab FAI-UMM Gelar Pembekalan Public Speaking untuk Mahasiswa CoE

Selasa, 13 Agustus 2024 23:37 WIB

Malang (12/8) - Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (FAI-UMM) menyelenggarakan Pembekalan Mahasiswa CoE Penerjemah Bahasa Arab Batch 2 dengan tema "Public Speaking: Strategy & Personal Branding". Acara ini berlangsung pada hari Senin, 12 Agustus 2024, di ruang Micro Teaching Laboratorium Tarbiyah FAI-UMM, Gedung Kuliah Bersama (GKB) III lantai 5.

Kegiatan yang diikuti oleh 12 mahasiswa CoE Penerjemah Bahasa Arab ini menghadirkan Tanti Nur Dwiyanti sebagai narasumber. Tanti, yang merupakan Head of Department Public Speaking di Vernon Edu, anggota Komunikata, dan pengajar praktisi, menyampaikan materi tentang pentingnya public speaking dan personal branding.

"Public speaking merupakan proses penyampaian komunikasi dalam sebuah forum, utamanya secara verbal dengan konsep yang jelas, teratur, dan tuntas. Unsur dalam public speaking meliputi: opening, content, dan closing," jelas Tanti dalam paparannya. Ia juga menekankan hubungan erat antara public speaking dan personal branding. "Public speaking itu erat kaitannya dengan personal branding, sehingga bisa dikatakan bahwa separuh diri kita ialah branding perusahaan," tambahnya.

Pembekalan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa CoE dengan kemampuan public speaking yang mumpuni. Keterampilan ini dianggap penting mengingat peran mereka sebagai calon penerjemah bahasa Arab yang akan sering berhadapan dengan publik.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab FAI-UMM, Mochammad Firdaus, M.Ed., mengatakan, "Kami berharap melalui pembekalan ini, mahasiswa CoE tidak hanya mahir dalam bahasa Arab, tetapi juga mampu menyampaikan gagasan mereka dengan baik di depan umum. Kemampuan public speaking akan sangat membantu mereka dalam karir sebagai penerjemah profesional."

Acara yang berlangsung selama satu hari penuh ini diisi dengan berbagai sesi, mulai dari pemaparan materi, diskusi interaktif, hingga praktik langsung. Para peserta terlihat antusias mengikuti setiap sesi dan aktif bertanya kepada narasumber.

Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan mahasiswa CoE Penerjemah Bahasa Arab FAI-UMM dapat meningkatkan kualitas diri dan siap bersaing di dunia kerja nantinya. (aty/ika)

Shared: